Jumat, 03 Juni 2016

Strategi Pengajaran Cerdas



Mind Map Strategi Pengajaran Cerdas oleh khairunia hasanah





Outline Strategi Pengajaran Cerdas oleh khairunia hasanah

No
BAB
Uraian
1
Strategi Belajar
Gambaran Besar :  Kekuatan belajar, mencapai impian, daftar keinginan, masa depan
Mencatat             :  Kesulitan dalam mencatat, masalah mendengar, lebih mudah menyerap, gaya belajar, teknik belajar
Menyimpan        :  Memori ajaib, masalah memori, mengakses memori, kunci mengingat, teknik mengingat
Mengingat Kembali :Membuka kunci memori, mengenyahkan stress, mempersiapkan diri
Pikiran Sehat      :  Kuncinya tidur, mematikan diri,makanan dan minuman sehat.
2.
Strategi Pengajaran Berpikir
Memproses Informasi : Megidentifikasi masalah, berpikir bagaimna menggunakannya, pemetaan pengetahuan, bagian-bagian sesungguhnya.
Penyidikan          :  Mengidentifikasi masalah, memperkenalkan penyidikan, perkakas berpikir.
Berfikir Kreatif   :  Berbicara tentang berfikir kreatif.
3.
Srategi Mengarahkan dan Membimbing
Fokus Solusi       :  Pemikiran berfokus pada solusi, pemikiran berfokus pada masalah, studi kasus
Keterampilan Membimbing : membangun hubungan dan kepercayaan, srtuktur bimbingan, mengajukan pertanyaan, mendengarkan, member umpan balik.
Menetapkan Tujuan: Mengapa, tujuan siapa, tujuan jangka panjang dan sementara, kriteria tujuan efektif.
Kelompok-kelompok praktisi reflektif: Menghubungkan bimbingan dan refleksi, penjelasn tentang peran dan fasilitator.
4.
Strategi Percepatan Belajar
Membuat siswa Siap Belajar : memastikan siswa dalam kondisi psikologis dan mental yang tepat untuk belajar.
Menciptakan lingkungan yang tepat : Menciptakan lingkunganyangmendukung,pembelajaran efektif.
Strategi Mengajar: strategi-strategi mengajar praktis yang akan membantu siswa belajar efektif
Kerangka Evaluasi Diri : kerangka yang membantu menciptakan kelas percepatan belajar.
5.
Strategi Penilaian untuk Belajar
Penilaian dan Proses Belajar : Untuk apa penilaian, mengapa penilaian dapat merusak, menyeimbangkan penilaian sumatif dan formatif, lima strategi praktis.
Tujuan Belajar dan Kriteria Sukses : Langkah untuk menulis tujuan belajar yang jelas, menetapkan criteria sukses, menghasilkan criteria siswa berfokus pada proses belajar serta perilku siswa, menggunakan tujuan belajar dan criteria sukses dalam pelajaran.
Interaksi Berkualitas : pentingnya interaksi berkualitas, bertanya dengan lebih baik, aktivitas untuk mendorong diskusi.
Umpan Balik Verbal : Meluangkan waktu, menyeimbangkan dua jenis umpan balik, berfokus pada tugas dan bukan orang, memuji upaya dan teknik, bersikap positifdan spesifik, menjadi diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar