Mind Map
Strategi Pengajaran Cerdas oleh khairunia hasanah
Outline Strategi
Pengajaran Cerdas oleh khairunia hasanah
No
|
BAB
|
Uraian
|
1
|
Strategi Belajar
|
Gambaran Besar : Kekuatan belajar, mencapai impian, daftar
keinginan, masa depan
Mencatat : Kesulitan dalam mencatat, masalah mendengar,
lebih mudah menyerap, gaya belajar, teknik belajar
Menyimpan : Memori ajaib, masalah memori, mengakses
memori, kunci mengingat, teknik mengingat
Mengingat Kembali :Membuka
kunci memori, mengenyahkan stress, mempersiapkan diri
Pikiran Sehat : Kuncinya tidur, mematikan diri,makanan dan
minuman sehat.
|
2.
|
Strategi Pengajaran
Berpikir
|
Memproses Informasi :
Megidentifikasi masalah, berpikir bagaimna menggunakannya, pemetaan
pengetahuan, bagian-bagian sesungguhnya.
Penyidikan : Mengidentifikasi masalah, memperkenalkan penyidikan,
perkakas berpikir.
Berfikir Kreatif : Berbicara tentang berfikir kreatif.
|
3.
|
Srategi Mengarahkan dan
Membimbing
|
Fokus Solusi : Pemikiran berfokus pada solusi, pemikiran
berfokus pada masalah, studi kasus
Keterampilan Membimbing :
membangun hubungan dan kepercayaan, srtuktur bimbingan, mengajukan
pertanyaan, mendengarkan, member umpan balik.
Menetapkan Tujuan:
Mengapa, tujuan siapa, tujuan jangka panjang dan sementara, kriteria tujuan
efektif.
Kelompok-kelompok praktisi
reflektif: Menghubungkan bimbingan dan refleksi, penjelasn tentang peran dan
fasilitator.
|
4.
|
Strategi Percepatan
Belajar
|
Membuat siswa Siap Belajar
: memastikan siswa dalam kondisi psikologis dan mental yang tepat untuk
belajar.
Menciptakan lingkungan
yang tepat : Menciptakan lingkunganyangmendukung,pembelajaran efektif.
Strategi Mengajar: strategi-strategi
mengajar praktis yang akan membantu siswa belajar efektif
Kerangka Evaluasi Diri :
kerangka yang membantu menciptakan kelas percepatan belajar.
|
5.
|
Strategi Penilaian untuk
Belajar
|
Penilaian dan
Proses Belajar : Untuk apa penilaian, mengapa penilaian dapat merusak,
menyeimbangkan penilaian sumatif dan formatif, lima strategi praktis.
Tujuan Belajar
dan Kriteria Sukses : Langkah untuk menulis tujuan belajar yang jelas,
menetapkan criteria sukses, menghasilkan criteria siswa berfokus pada proses
belajar serta perilku siswa, menggunakan tujuan belajar dan criteria sukses
dalam pelajaran.
Interaksi
Berkualitas : pentingnya interaksi berkualitas, bertanya dengan lebih baik,
aktivitas untuk mendorong diskusi.
Umpan Balik Verbal
: Meluangkan waktu, menyeimbangkan dua jenis umpan balik, berfokus pada tugas
dan bukan orang, memuji upaya dan teknik, bersikap positifdan spesifik,
menjadi diri sendiri.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar