Minggu, 01 Mei 2016

Kelebihan Kamu Ikut Organisasi




Kuliah bukan sekedar mencari ilmu untuk urusan akademik ataupun sekedar untuk mendapat gelar S1 Dimasa ini adalah kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan diri sesuai passion dan bakatnya masing-masing. Salah satu caranya yaitu dengan bergabung dalam sebuah organisasi, baik di kampus maupun diluar kampus. Jadi tunggu apalagi, apakah kamu mau menghabiskan waktu kuliah kamu hanya menjadi mahasiswa KUPU-KUPU (Kuliah Pulang Kuliah Pulang) dan melewatkan pengalaman berkesan serta kesempatan yang luar biasa dari mengikuti organisasi.
Nah waktunya kamu piker-pikir lagi deh,, ini kelebihan kalau kamu ikut organisasi!!!
1.      Mengembangkan Diri
Organisasi atau komunitas kampus akan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pertemuan diorganisasi atau komunitas akan membawa nilai-nilai positif untuk kita.
2.      Mengasah Jiwa Kepemimpinan
Dengan bergabung dalam sebuah organisasi, mahasiswa berkesempatan untuk menjadi seorang pemimpin, baik menjadi ketua umum ataupun ketua divisi. Meskipun tidak menjadi ketua, namun setiap manusia memiliki jiwa kepemimpinan dan diorganisasi kita belajar bagaimana menghargai pemimpin, menteladani sifat pemimpin dan belajar untuk menjadi pemimpin yang baik.
3.      Bertanggung Jawab
Setiap orang pasti harus bertanggung jawab terhadap apa yang diamanahkan kepadanya, Dalam organisasi bukan amanah yang harus kita kejar, tapi kontribusilah yang harus kita optimalkan. Tanggung jawab bukan hanya milik ketua, tapi milik kita semua, yang terpenting bukan posisi kita diorganisasi, tetapi besarnya kontribusi yang kita beri.
4.      Menjadi Lebih Percaya Diri
Dalam sebuah organisasi kita akan diminta untuk mengeluarkan pendapat dan aspirasi kita, disinilah kita harus berani untuk berbicara menyampaikan pendapat kita. Semakin sering kita menyampaikan pendapat kita, maka kita akan semakin percaya diri untuk tampil dimuka umum.
5.      Belajar Menerima Perbedaan
Salah satu tujuan berorganisasi adalah belajar menerima pendapat yang berbeda-beda. Dengan terbiasa menghadapi perbedaan, dilingkup yang kebih besar nanti kita akan dapat bersikap bijak. Sedangkan orang yang kaku dan tidak mau menerima perbedaan akan cenderung memaksakan pendapat.
6.      Menjalin Rasa Kekeluargaan
Dalam setiap kegiatan kita akan sering bertemu dan saling mengenal, semakin sering kegiatan yang kita lakukan bersama maka akan semakin mendekatkan kita, dimana kita akan saling bekerja sama, saling memahami sehingga mampu menahan ego kita dan mempererat persaudaraan kita.
7.      Memperluas Jaringan
Jaringan dan koneksi sangat dibutuhkan, apalagi didunia kerja nanti. Ketika ikut organisasi, mahasiswa akan punya banyak teman, tak hanya dari jurusannya, tetapi lintas jurusan, bahkan angkatan. Oleh karena itu, bangun hubungan yang solid dan harmonis selama berorganisasi dikampus.
8.      Memberi Pengalaman Berkesan
Ada banyak hal dan kegiatan yang akan dilakukan didalam organisasi, disinilah pengalaman berkesan akan kita dapatkan, organisasi itu seperti sebuah petualagan. Dimana kita akan melakukan banyak hal yang bermanfaat dan mengesankan.
9.      Menambah informasi dan Wawasan
Melalui teman kita akan mendapatkan informasi dan ilmu, semakin banyak teman yang kita miliki semakin banyak informasi yang akan kita dapatkan, begitu pula dengan ilmu pengetahuan, dimana kita akan saling berbagi dan saling memperbaiki.
10.  Meningkatkan Semangat dan Motivasi
Semangat dan motivasi yang tinggi akan kita dapatkan selama mengikuti organisasi, karena apabila suatu tim sudah dibangun dengan solid maka ia akan terus saling menyemangati dan member motivasi itu. Tidak hanya itu,  bagi kita yang kurang memiliki motivasi, apabila teman kita memiliki motivasi dan prestasi yang tinggi, pasti kita secara tidak langsung ingin juga mencapai seperti yang teman kita raih,  sehingga kita memiliki semangat dan motivasi yang tinggi serta usaha yang sungguh-sungguh untuk mencapai apa yang telah ditargetkan.
Itulah sedikit dari kelebihan yang akan kita dapatkan apabila kita mengikuti organisasi, karena masih banyak lagi yang akan kamu dapat apabila kamu mengkuti organisasi, tetapi ada syaratnya yaitu kesungguhan dan komitmen kita, karena apabila hal itu tidak kita miliki maka, kita tidak akan bertahan di dalam suatu organisai. Untuk itulah sebagai mahasiswa sudah saatnya kita menunjukkan potensi yang kita miliki dan menentukan jati diri kita, sehingga kita dapat memberi kontribusi untuk negeri kita tercinta, Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar